2010-01-05

Menyongsong yang Serba Baru

Di halaman 11 Kompas edisi 2 Januari 2010, muncul iklan setengah halaman tentang pencitraan Pertamina. Ada 8 nilai Pertamina yang disampaikan dalam iklan tersebut. Yaitu: Kebanggaan bangsa, Kerja keras, Semangat Baru, World Class Oil Company, Transformasi, Energi Baru, Pertamina Clean. Dan sepertinya Pertamina ingin menonjokkan ”Kerja Keras” ebagai energi mereka dalam berkiprah.

Well, iklan pencitraan kali ini memang bukan hal baru yang dilakukan BUMN migas ini. Setelah beberapa tahun dikabarkan melakukan pelbagai pembenahan manajemen internal mereka, tahun lalu, Pertamina melakukan gebrakan dengan meluncurkan kampanye bertajuk ”mulai dari nol”. Kampanye ini juga diiringi dengan pembenahan wajah dan peralatan SPBU Pertamina, serta peremajaan awak petugasnya.

Saya mencoba menangkap esensi kampanye tersebut, sepertinya Pertamina ingin membangun citra yang baru, yang ”clean”. Karena, bukan rahasia lagi, bahwa di masa lalu, mesin pompa SPBU Pertamina bisa diutak atik. Akibatnya, volume yang tertera di mesin kerap berbeda dengan yang sejatinya masuk ke tangki bahan bakar mobil konsumen. Tentu saja ini merugikan konsumen.

Nah, kampanye ”mulai dari nol” dan stiker SPBU Pertamina PASTI PAS adalah sebagian dari upaya Pertamina mengubah persepsi publik terhadap perusahaan ini. Contohnya, dengan perubahan wajah SPBU, mesin SPBU yang baru, petugas yang muda dan ramah. Dimulai dengan menyapa pelanggan dengan ramah dan helpful, memberikan ’jaminan’ pada pelanggan bahwa volume bahan bakar yang akurat.

Bagi saya — yang sudah berpuluh tahun menjadi pelanggan SPBU Pertamina – perubahan ini memang layak diapresiasi. Namun, harus diakui perubahannya masih belum seragam terjadi di semua SPBU mereka. Ada sebagian SPBU — yang walau tampilan fisiknya sudah baru – tapi layanannya masih gaya lama: senyumnya kecut atau terpaksa dan sapaannya masih wagu.

Apapun, Pertamina sebagai salah satu aset bangsa, yang mestinya jadi kebanggan bangsa yang sesungguhnya, seperti halnya Petronas Malaysia – yang dulunya belajar dari Pertamina – memang harus berubah. Saat ini Pertamina sedang berubah, dan semestinya bisa lebih cepat lagi. Delapan nilai-nilai korporat Pertamina yang diiklankan hari ini masih berupa janji atau komitmen, dan belum sesungguhnya nyata dirasakan. Bagi saya, baru 1 nilai yang berhasil masuk ke benak saya, yaitu : semangat baru. Bagaimana menurut Anda?



Diambil dari Ventura Elisawati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar