2009-11-16

Berkat, Apa itu Berkat?

Berkat.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ada 2 (dua) arti pokok mengenai berkat. Pertama diartikan sebagai anugerah dari Yang Maha Kuasa dan doa restu dari orang yang dituakan yang karenanya mendatangkan kebaikan. Sedangkan yang kedua diartikan sebagai sebab atau akibat.

Yang jelas saya tidak akan memperdalam pengertian dari keduanya. Saya hanya akan berbagi pola pikir mengenai berbagi berkat.

Manusia adalah makhluk sosial yang butuh untuk bersosialisasi. Baik dengan anggota keluarga maupun dengan orang lain dalam kelompok ataupun dengan orang lain yang memberikan timbal balik yang seimbang. Dalam saling membutuhkan dan keterikatan ini timbullah adanya timbal balik yang mendatangkan saling menguntungkan. Keuntungan bersama inilah yang akhirnya menjadi sebuah anugerah kebersamaan, sebuah berkat, karunia dari Sang Pencipta.

Sadarkah Anda, ketika Anda berinteraksi dengan seseorang, Anda menjadi berkat bagi orang tersebut? Ataukah Anda selama ini dalam berinteraksi selalu saja menyusahkan orang di sekitar Anda? Cobalah untuk berpikir lebih dalam dan sadarilah bagaimana Anda hidup dan berinteraksi dengan sesama.

Saya tidak akan menghakimi Anda, karena hanya Dia yang memegang hak tertinggi untuk menghakimi. Bila saya menghakimi, saya merendahkan Dia dan menyatakan diri sebagai orang yang paling benar. Saya sadar, ketika saya menunjuk seseorang, jari saya hanya satu yang menunjuk ke orang tersebut sedangkan 3 (tiga) lainnya menunjuk diri saya sendiri.

Mari kita mencoba untuk berkaca dan berintrospeksi. Dan mari kita semakin meningkatkan rasa tanggung jawab kita kepada sekitar kita. Lingkungan kita, orang-orang di sekeliling kita membutuhkan kita. Mari berbagi berkat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar